Minggu, 11 Januari 2009

Asimetri

Si Pembaca Buku

Setiap penggemar Agatha Christie, tentu tidak asing dengan sosok yang satu ini, detektif Belgia yang memiliki bentuk wajah bulat telur... Ya benar, dia adalah Hercule Poirot. Hercule Poirot si pecinta kesimetrisan. Segala sesuatu yang tidak simetris akan menimbulkan kecurigaan dan rasa tak nyaman dalam benaknya, bahkan bentuk kumisnya pun harus simetris.

Ketika saya lebih muda dulu, sayapun pecinta kesimetrisan. Jika saya melakukan A, maka sayapun mengharapkan saya akan mendapatkan A. Jika saya berbuat baik, maka saya pun berharap saya akan menerima kebaikan yang sama. Namun demikian dunia ini tidak pernah simetris. Semakin saya bertambah umur, semakin banyak kejadian asimetris yang saya alami. Keasimetrisan ini, bukan saja timbul dari orang lain, tetapi saya juga menyebab keasimetrisan ini.

Saya pikir-pikir.... dunia menjadi lebih indah, penuh warna dan penuh tantangan jika dia asimetri...Bukankah sesuatu yang asimetris dan tidak bisa diprediksi lebih menantang untuk dijalani dan dipelajari ?

Tidak ada komentar: